ANIMASI SITE PLAN - KTM CAHAYA BARU

August 07, 2008

Program Aksi GPP 2008 dan Pencanangan KTM Cahaya Baru

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dr. Ir. Erman Suparno MBA. M.Si secara resmi membuka rangkaian kegiatan pelaksanaan Program Aksi Gerakan Penanggulangan Pengangguran (GPP) Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2008 serta Pencanangan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Cahaya Baru di Banjarmasin, Selasa (15/7). Rangkaian kegiatan ini dilakukan sebagai upaya mengatasi berbagai permasalahan bidang Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian yang terjadi di Indonesia.

Program Aksi GPP merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk menciptakan kesempatan kerja dalam rangka menanggulangi pengangguran dan kemiskinan. Pelaksanaan Program Aksi GPP ini meliputi berbagai daerah di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk Provinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2008 diberikan dana sebesar Rp 55.279.348.600 yang terdiri dari dana dekonsentrasi bidang Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian sebesar Rp 10.483.998.000 dana tugas perbantuan sebesar Rp 42.954.377.000, serta bantuan langsung dari Menakertrans sebesar Rp 1.840.973.600.

Dana ini dialokasikan untuk mendukung program pokok ketenagakerjaan yang meliputi Program Perluasan dan Pengembangan Kesempatan Kerja, Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Tenaga kerja, Perlindungan dan Pengembangan Lembaga Tenaga Kerja, Pengembangan Wilayah Strategis dan Cepat Tumbuh, Pengembangan Wilayah Tertinggal serta Jaminan Sosial Tenaga Kerja.

Dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan, diharapkan dapat meningkatkan kesempatan kerja dan bermanfaat dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat Kalimantan Selatan serta diharapkan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 252.543 orang.

Dalam rangkaian kegiatan pelaksanaan Program Aksi GPP, Menakertrans menyerahkan berbagai bantuan kegiatan antara lain : (1) Pemberdayaan masyarakat melalui Padat Karya, Teknologi Tepat Guna, Kewirausahaan, Grameen Bank, Tenaga Kerja Pemuda Mandiri Profesional, Job Fair serta kelompok usaha bersama; (2) Peningkatan kemampuan dan keterampilan masyarakat melalui subsidi program pelatihan serta (3) job fair.

Pada kesempatan ini pula, Menakertrans menyerahkan Bea siswa Jamsostek sebanyak 31 tenaga kerja, menyerahkan santunan kematian karena kecelakaan kerja kepada ahli waris tenaga kerja, menyerahkan pinjaman kemitraan kepada 3 perusahaan, menyerahkan Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) kepada pekerja juga kepada pedagang mie bakso, menyerakan tanaman hijau serta seperangkat alat Bursa Kerja On Line (BKOL). Menakertrans melantik dan mengukuhkan Pengurus Daerah Paguyuban Pedagang Mie Bakso (PAPMISO) Provinsi Kalimantan Selatan .

Di bidang transmigrasi, Menakertrans mengembangkan konsep paradigma baru transmigrasi yang meliputi pokok-pokok pikiran, yaitu transmigrasi sebagai pilar ketahanan pangan nasional, transmigrasi sebagai basis ketahanan nasional, transmigrasi sebagai fundamen penyediaan energi alternative, transmigrasi sebagai instrument pemerataan investasi dan transmigrasi sebagai wahana penanggulangan kemiskinan dan pengangguran.

Salah satu implementasi paradigma baru transmigrasi adalah pembangunan Kota Mandiri Terpadu (KTM) yang terus dilakukan di kawasan-kawasan transmigrasi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah KTM Cahaya baru yang terletak di Kab. Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan.
KTM Cahaya Baru dicanangkan ini akan memiliki fasilitas seperti : Pusat kegiatan ekonomi wilayah, pusat kegiatan industri dan pengolahan hasil, pusat pelayanan jasa dan perdagangan, pusat pelayanan kesehatan, pusat pendidikan dan pelatihan yang sekaligus dilengkapi dengan sarana pemerintahan serta fasilitas umum dan sosial.

Pusat Humas Depnakertrans

0 comments:

FEEDJIT Live Traffic Map FEEDJIT Live Traffic Feed FEEDJIT Recommended Reading

Blogspot Template by Isnaini Dot Com